Staycation: Villa Victoria Boutique Malang

     Selamat pagi, Happy Chinese New Year, Gong Xi Fa Cai semuanya. Aku sudah kembali nulis review hotel meskipun tidak ada dari kalian yang bertanya. Haha ngga papa sesukaku lah. Kali ini aku berkesempatan menulis tentang staycation singkatku di sebuah hotel yang lagi-lagi di Malang. Mohon maaf nih, Malang adalah destinasi wisata favorit yang cukup dekat kan ya dari Surabaya (kalo ngga macet bisa cuma dua jam. Kalo macet ya wassalam) jadi lagi-lagi tempat penginapan di Malang.

hotel unik malang

     Baik, jadi ceritanya, aku menemukan hotel ini setelah scrolling berjam-jam di Traveloka. Banyak sebetulnya referensi hotel yang sudah gatel ingin kukunjungi. Tapi berhubung aku sedang miskin dan budgetku terbatas, terpilihlah hotel ini sebagai tempatku singgah. Hotel Victoria Boutique ini berlokasi di Jl. Ciujung no 7, Blimbing, Malang. Tidak susah menemukannya cukup dengan mengikuti petunjuk dari Google Maps. Pertama kali lihat arsitektur dan interiornya, suasana kolonial yang cukup kental bisa dirasakan. Kalau kamu suka dengan bangunan-bangunan bergaya victorian, kamu pasti menyukainya. Makanya hotel ini dinamakan Hotel Victoria.

hotel unik malang

hotel murah malang

hotel unik malang


Rate Kamar
     Meskipun banyak tipe kamar yang disediakan. Aku memilih tipe kamar Double Deluxe dengan harga sekitar Rp 390.000 permalam. Aku menginap saat weekend. Kalau kalian ingin menginap di hari-hari kerja, rate permalam bisa lebih murah Rp 100.000. Ketika kita check in, deposit sebesar Rp 100.000 dikenakan untuk setiap kamar dan kamu juga tidak diperkenankan untuk merokok dalam ruangan.
Jujur saja sih ya, setelah melihat kamarnya, harga hampir Rp 400.000 itu menurutku overpriced. Ya mungkin akan terasa lebih worth it kalau aku menginap di hari kerja. Ukuran kamarnya cukup kecil namun nyaman. Sayangnya ketika aku tiba di kamar, aku merasa kamarnya belum benar-benar bersih.      
     Tipe kamar Double Deluxe yang kupesan tidak memiliki jendela yang menghadap keluar bangunan dan tidak ada pemandangan yang bisa dilihat. Hanya ada lorong dan pintu kamar lain yang bisa dilihat ketika aku membuka jendela. Jadi saranaku sebaiknya kalian memilih tipe kamar Victoria Suite saja. Haha maaf ya kepentok budget nih aku.



     Begini, sebenarnya aku menyukai banyak hal tentang hotel ini. Bagiku cukup nyaman. Tapi setelah diingat-ingat, ada beberapa hal yang juga membuatku kurang suka. Salah satunya tidak tersedia layanan TV kabel. Yang ada di pikiranku saat itu,"Why God why??" padahal menurutku Hotel Victoria Boutique ini bisa dikategorikan sebagai hotel bintang 3 meskipun di Traveloka hotel ini belum berbintang. Apalah aku yang kurang paham syarat-syarat apa yang harus dimiliki hotel agar bisa diberi label "hotel berbintang". Tapi untunglah, layanan wifinya kencang sekali. Aku tetap bisa streaming tanpa macet meskipun tak bisa menonton televisi.

Restoran
     Baik aku lupa mengatakan bahwa tipe kamar yang kupesan sudah termasuk sarapan pagi. Tentunya rate permalam yang ditawarkan akan lebih rendah kalau kamu memilih untuk tidak mendapatkan sarapan. Makanan yang disediakan saat itu ada nasi goreng, mie goreng jawa, dan ayam yang aku tidak tahu dimasak seperti apa yang jelas semuanya enak! Aku jadi merasa bersyukur karena memilih paket kamar dengan sarapan. Ada jelly sebagai pencuci mulut serta teh dan kopi sebagai minuman. Ya standarlah, tapi wow kopinya enak banget woy! Aku tidak pernah berekspektasi apa-apa soal kopi yang disajikan hotel saat sarapan pagi, tapi aku suka sekali kopinya. Jadi setelah kutanyakan, mereka seperti ada produksi kopi sendiri juga. Mereka juga jual bubuk kopinya dengan harga Rp 100.000 untuk tiga bungkus kopi bubuk.

hotel murah malang



     Jadi sebenarnya aku cukup bingung sih. Karena di Hotel Victoria ini terdapat dua tempat makan yang dua-duanya adalah bagian dari hotel. Resto De Colonial dan Cafe Pasar Rakyat. Memang ada meja kursi selayaknya tempat makan, tapi kosong. Tidak ada pegawai yang mengantar menu, atau hal-hal lain yang biasanya kamu temui ketika memasuki cafe. Setelah kuselidiki lebih lanjut, kamu harus memesan melalui resepsionis hotel lho baik ketika kamu ke bagian cafe atau restonya yang menurutku itu cukup ribet.

     Overall, menurutku Hotel Victoria ini cukup oke jika kamu berkunjung ke Kota Malang ataupun ada perjalanan bisnis di sana karena lokasi cukup strategis dan dekat kemana-mana. Tapi jika tujuanmu Kota Wisata Batu, aku lebih menyarankan kamu memilih tempat penginapan di Batu saja. Bukan apa-apa sih. Kalo diukur dengan jarak sih tidak seberapa jauh dengan tempat-tempat wisata di Batu. Tapi macetnya itu lho mohon ampun nggak kuat. Semoga artikelku ini membantu ya. Sampai jumpa di staycation berikutnya.

3 comments

  1. Lovely place. The windmill design looks cute. And the foliage wallpaper is love!

    Marie
    The Flower Duet

    ReplyDelete
  2. Masa harga segitu enggak ada TV kabel. Waduh..

    ReplyDelete
  3. I like your post. It is good to see you verbalize from the heart and clarity on this important subject can be easily observed... lose weight fast

    ReplyDelete

Thank you for visiting my blog :)